Perumahan Termahal Di Ibukota

Juli 25, 2012 § Tinggalkan komentar

Di Jakarta harga tanah secara umum paling tinggi dibandingkan kawasan lainnya di sekitarnya. Namun ada beberapa kawasan yang menjadi lokasi tanah termahal di Jakarta antaralain Kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Lalu kawasan manakah yang harga tanahnya lebih mahal?

Indonesia Property Survey (IPS) pada awal tahun 2012 menyatakan harga tanah di Menteng tahun 2011 relatif berada dikisaran Rp 12 – 25 juta per meter persegi.

“Memang untuk Menteng masih yang tertinggi khususnya Menteng Lama, Rp 20-30 juta,” kata Direktur IPS , Budi Sunjato beberapa waktu lalu.

Budi menuturkan kawasan residensial dengan harga tanah termahal selain Menteng pada tahun lalu adalah kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan dan Kelapa Gading serta Pantai Indah Kapuk ( PIK ). Harga tanah di kawasan Pondok Indah bisa mencapai Rp 15-20 juta per meter persegi.

Setelah Pondok Indah, menurut Ali ada kawasan Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, harga tanah untuk perumahan di kawasan ini bisa mencapai Rp 15 – 30 juta per meter persegi.

“Harga tanah untuk perumahan ini, sifatnya nggak absolut, Kelapa Gading bisa menyalip Pondok Indah, karena Kelapa Gading tercatat geliat pembangunan mall dan pertokoan mengalami pertumbuhan tinggi,” katanya.

Namun kondisi terkini dari perkembangan harga tanah khususnya di Pantai Indah Kapuk dan Puri Indah justru mengalami pertumbuhan yang tidak kalah pesat.

Menurut catatan perusahaan broker Century21 harga tanah di kawasan perumahan Puri Indah, Jakarta barat selama satu tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan menjadi Rp 13 juta-Rp 18 juta per m2 dari tahun lalu rata-rata yang hanya Rp 9 juta per meter persegi.

Peningkatan harga ini disebabkan suplai yang menipis sementara pasokan baru sudah tidak ada. Para penjual yang ingin menjual rumahnya pun, menetapkan harga dengan suka-suka alias semaunya.

“Sekarang nggak ada patokan harga. Suka-sukanya penjual. Dulu di PIK dan kelapa gading masih ada patokan harga Rp 12,5 juta-Rp 15 juta per m2. Sekarang sudah ada pada kisaran Rp 20 juta an per m2,begitu pula dengan menteng dan pondok indah” kata Associate Manager IPS , Budi Sunjato.

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Perumahan Termahal Di Ibukota at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: