Rumah Kecil Namun Hommy Dan Asri

Agustus 23, 2011 § Tinggalkan komentar

Muka dari bangunan dan layout ruang2nya dirancang asri, kompak dan terang.

Rumah kecil seharga Rp415 juta ini berada di cluster Bestern Cosmo (8,3 ha), kawasan The Iconic (74 ha), Royals, Serpong-Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pengembangnya ETS menawarkannya menyusul kesuksesan tipe serupa di cluster sebelumnya (Simplicity) yang sudah ludes terjual. Mengusung gaya modern simple, rumah berukuran 55 m2 di atas kaveling 7 x 15 m ini didesain kompak baik massa bangunan maupun layout ruangnya.

Tampilan muka berbentuk permainan bidang kotak-kotak yang dibuat maju mundur. Salah satu bidang yang merupakan dinding depan kamar utama dibiarkan maju. Bidang lain di sebelahnya dibuat mundur, memberi tempat bagi peletakan teras kecil yang dinaungi bidang setengah kotak dari beton sebagai kanopi. Hasilnya, tampilan rumah sederhana nyaris tanpa dekorasi kecuali sedikit aksen garis-garis horizontal lebar dilapisi kombinasi warna monokrom (terang-gelap), tidak terlalu membosankan.

Karena tidak memiliki tritisan, massa bangunan ditutup tembok masif untuk melindunginya dari hujan dan panas. Sementara bukaan berupa jendela kaca menggunakan kusen alumunium yang tahan cuaca dan kedap air. Supaya rumah tetap menikmati cahaya alami pada siang hari, dibuatkan bukaan berupa jendela kaca cukup besar (2,3 x 1,2 m dan 2,3 x 0,6 m) di depan kamar utama dan teras, ditambah tiga jendela kaca mati vertikal di sebelahnya. Bukaan serupa tapi tanpa jendela kaca mati dibuatkan di ruang makan+dapur yang menghadap ke taman belakang.

Bisa dibuat mezanin
Bangunan dirancang berplafon tinggi dengan ketinggian berbeda antara ruang tamu dan ruang makan+dapur. Tinggi plafon di ruang tamu mencapai 5 m, sedangkan di ruang makan 3,3 m. Perbedaan ketinggian plafon itu merupakan dampak konstruksi bangunan dan pilihan bentuk atap miring ke belakang hingga 23 derajat.

Dengan layout seperti itu sirkulasi udara di ruangan pun lancar, ruangan terasa lapang. Pada siang hari saat jendela-jendela dibuka, rumah tidak memerlukan bantuan pendingin udara untuk menurunkan suhu ruangannya. Plafon yang tinggi itu juga memungkinkan penghuni menambah ruangan dengan membangun ruang mezanin di antara ruang tamu dan dapur tanpa harus mengubah bentuk fasad.

Layout rumah juga dirancang kompak terbagi dalam dua bagian. Bagian kiri untuk meletakkan dua kamar tidur berukuran masing-masing 3 x 3,5 m dan 2,85 x 3 m dengan satu kamar mandi di antara keduanya. Sedangkan bagian kanan terdiri dari ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan ruang makan+dapur seluas total 6 x 4 m, menyambung tanpa sekat dari depan ke belakang.

Keluarga muda
Dengan organisasi ruang yang simpel-praktis itu di bagian belakang masih bisa dibuatkan kamar pembantu berukuran 2 x 2 m + kamar mandinya 1 x 2 m2, mendampingi taman seluas 4 x 4 m. Rumah tidak dilengkapi garasi, hanya carport untuk satu mobil di samping taman depan seluas 4 x 8 m. Di cluster Weistern Cossmo akan dibangun 325 rumah dilengkapi taman lingkungan seluas 4.000 m2. Selain tipe 75 dipasarkan juga tipe 37/90 dan 88/128. Serah terima rumah direncanakan November 2011.

Menurut Asri Witiasti, Design Manager PT BSCD, selain tipe-tipe menengah dan besar rumah berukuran kecil juga banyak diminati terutama oleh keluarga muda, karena sesuai dengan kemampuan keuangan dan kebutuhan mereka saat ini. “Karena itu kami buatkan rumah modern simple dengan tatanan ruang yang nyaman dan ideal bagi keluarga kecil ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rumah Kecil Namun Hommy Dan Asri at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: