Desain Rumah Modern Tropis Diminati

Juni 2, 2011 § Tinggalkan komentar

Rumah ideal dan modern bukan rumah yang enak dilihat tapi yang nyaman dihuni dan memberi pengalaman hunian tinggal  yang menyenangkan.

Bagi kebanyakan orang kebanyakan mungkin agak sulit dimengerti kenapa harus selalu ada desain rumah yang baru, baik eksterior maupun interior. Tapi, bagi arsitek persoalannya lain lagi. Seperti para profesional kreatif lain, adalah pantang bagi arsitek  mengulang-ulang desain yang sama. Mereka akan selalu berupaya mengeksplorasi sesuatu yang baru, yang memberikan nilai tambah kehidupan.

Terlebih di kota-kota besar. Upaya mencari desain rumah yang baru sudah menjadi tantangan, entah karena lahan kian sempit, lingkungan makin padat, iklim terus berubah, biaya hidup kian mahal, atau karena harga bahan bangunan makin tinggi. Desain baru yang ada dan dikembangkan  mencoba menyiasati berbagai tantangan itu dengan tujuan akhir: hunian tetap mampu memenuhi kebutuhan hidup kita.

Lain lagi developer. Bagi mereka desain rumah yang baru adalah alat berjualan. Terutama bagi developer perumahan menengah dan menengah atas. Kalau desain rumahnya sama saja dari waktu ke waktu, hampir bisa dipastikan mereka sulit memasarkannya. Pasalnya, sudah menjadi watak kalangan menengah dan menengah atas kita, merasa gengsi kalau rumahnya sama dengan rumah di blok samping  sebelumnya.

Namun, di sini juga kontradiksinya. Selalu ada model baru tapi sebenarnya tidak ada desain baru kecuali modifikasi fasad. Denah layout-nya kurang lebih sama dengan rumah di blok atau cluster sebelumnya. Pedagang selalu berpikir sekian kali untuk keluar uang lagi membuat desain baru. Efisiensi adalah mantra suci kaum developer. Jadi, pembaharuan pada rumah real estate kebanyakan hanya sesuai minat konsumen.

Sulit sekali mencari contohnya. Setelah mencoba menelisik ke sejumlah perumahan untuk kalangan menengah atas, kami hanya berhasil menyepakati empat rumah sebagai contoh desain yang baru. Baru dalam arti paling tidak rancangannya belum pernah diterapkan pada rumah real estate lain.

Patio dan furniture house

Salah satu contoh komplek hunian elit Grisenda yang terletak di Pantai Indah Kapuk, melalui rancangan arsitek dalam dan luar negeri ternama, menawarkan konsep patio (emperan di belakang rumah) yang bisa menjadi ruang keluarga outdoor, pada rumah baru di cluster di daerah Ancol. Dengan konsep itu ada pembaharuan definisi pemanfaatan halaman belakang dari sebelumnya sekedar untuk menambah ruang, menjadi ruang yang lebih bermakna bagi seluruh penghuni. Maklum harga tanah di komplek Grisenda Pantai Indah Kapuk sudah tinggi sekitar 10 juta an per meternya. Sedangkan harga tanah di Mediterania Kelapa Gading dan Artha Gading Villa  juga sudah mencapai kisaran 10 juta per meternya.

Lain lagi developer Marina Coast, Ancol-Jakarta Utara. Lewat arsitek kenamaan, menghadirkan desain yang berorientasi pada ruang, bukan sekedar tampilan yang indah, dengan membuat konsep ruang sebagai bagian dari furniture di rumah. Dengan demikian bisa dihindarkan kesan rumah yang penuh dengan ruang seperti di rumah-rumah pada umumnya, karena ruang dan furniture terkesan kompak.

Desain kamar tidak terlihat seperti ruang kosong, melainkan furnitur yang terintegrasi dengan pantry dan perabot lain yang ada di area itu seperti kulkas. Menurutnya, seharusnya pembaruan memang bukan hanya menyangkut tampilan tapi desain secara keseluruhan. Hal yang lebih daripada paradigma yang sudah ada itu adanya melalui desain. Dengan desain yang benar, ruang yang baru, mereka (developer) justru bisa menawarkan nilai jual lebih.

Bagi konsumen liputan ini bisa menjadi referensi dalam memilih rumah, karena rumah yang bagus bukan rumah yang enak dilihat tapi yang nyaman dihuni dan memberi pengalaman ruang yang baru. Lebih dari itu liputan mengenai desain baru perlu diperbaharui setiap waktu untuk memenuhi tuntutan zaman.

1.  Ancol The Bukit , harga rumah 2 milyar sampai 3 milyar

2. Grisenda Pantai Indah Kapuk, harga rumah 3 milyar sampai 8 milyar

3. Gading Kirana – Kelapa Gading, harga rumah 1,5 milyar – 4 milyar

4. Mediterania PIK, harga rumah 2 milyar sampai 8 milyar

5. Mediterania Kelapa Gading, harga rumah 2 milyar – 8 milyar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Desain Rumah Modern Tropis Diminati at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: