Harga Tanah Perumahan Baru Jakarta Selangit

September 4, 2010 § Tinggalkan komentar

Di Jakarta yang lahannya sudah sangat terbatas rumah menjadi komoditas sangat mahal. Mencari rumah yang terjangkau sangat sulit. Hanya kawasan tertentu di Jakarta Timur yang masih menyediakan rumah terjangkau. Karena itu hanya orang-orang berduit yang bisa membeli rumah di Jakarta. Makanya yang banyak terjual rumah seharga di atas 2 miliaran. Yang pertama untuk orang kaya, yang kedua untuk yang sangat kaya. Mereka umumnya membeli secara tunai keras atau bertahap.

Kategori menengah atas

Di Jakarta Utara perumahan yang memasarkan rumah Rp.2,5 milyaran – Rp3,5 miliar per unit nya mencatat penjualan bagus. Di Taman Grisenda PIK misalnya, tipe Chrusant Masterpiece tergolong laku keras. Tipe – tipe seharga Rp.2,5 milyar sampai 3,5 milyar di cluster Grisenda PIK sempat mencatat rekor spektakuler. Dalam sehari terjual 40 unit. Menurut Subagyo,seorang pengusaha sukses di glodok, di kawasan PIK rumah Rp. 2 milyar an per unit tergolong ” biasa “. Jangan heran ketika BGM melansir tipe Florence seharga Rp. 2,5 miliar di cluster Florence konsumen antusias. Bangunannya dua lantai, kamar 4+1, dan garasinya bisa memuat empat mobil. “Sebentar saja langsung habis,” katanya.

Di Grand Puri Grisenda, Taman Grisenda (38 ha), juga di kawasan PIK, yang mengambil positioning kelas menengah atas , paling laku tipe Aster dan Masterpiece. Empat tipe rumah seharga Rp.1,5 milyaran– Rp3,5 miliar juga laris diburu konsumen kelas atas. “Tipe Aster banyak yang suka karena memiliki dua muka, depan belakang punya halaman,” ujar Agus Rahmanto, Project Manager Taman Grisenda. Apalagi dengan penghijauan yang asri dan akses yang mudah di kawasan Grisenda PIK membuat harga rumah di kawasan ini melejit. Karena harganya tergolong murah, rumah Rp. 1,5 milyaran di PIK banyak diincar keluarga muda yang baru menikah atau punya satu anak (usia 35 – 42 thn). Mayoritas pedagang Glodok, Mangga Dua, Kota, dan Roxy. Mungkin karena itu Grand Puri Grisenda sejak awal optimis rumahnya yang akan direspon pasar.

Town House Long Beach yang terletak di samping perumahan Grisenda juga laris, hal ini dikarenakan aksesnya yang bagus yaitu di pintu keluar dan masuk PIK. Town House Long Beach PIK juga ditawarkan dengan harga yang sama dengan Town House Grisenda yaitu di kisaran Rp.1,5 milyar hingga Rp.2,5 milyar per unit nya. Relatif Menurut Dwi Wahyuni, Marketing Manager di sebuah perumahan di jakarta barat , harga memang relatif di Jakarta. Tergantung di mana dan bagaimana tipe rumahnya. Ia mengambil contoh perumahannya. Ia memasarkan tipe 105/120 seharga Rp1,4 milyar, tapi yang banyak diincar justru tipe 183/198 dan tipe 200/248 seharga Rp2,6 miliar, karena ruangannya lega dan lay out-nya optimal. Luas kamar utama saja 50 m2. “Untuk di daerah Jakarta rumah ukuran 180/200 seharga Rp.2,5 miliar an ke atas itu sudah termasuk kategori mewah. Di Puri Indah (yang hanya beberapa kilometer dari Puri Botanical) harganya lebih dari itu,” katanya. Sebagai perbandingan di Puri Botanical harga tanah masih Rp.4,5 juta an/m2, di Puri Indah harga tanah sudah 8 juta an permeternya sedangkan untuk daerah Pantai Indah Kapuk, perumahan Grisenda PIK harga tanah sudah sekitar 9 – 11 jutaan permeternya karena aksesnya yang bagus ( tepat di pintu masuk dan keluar PIK ) , Grisenda Pantai Indah Kapuk merupakan komplek perumahan satu2nya di PIK yang memiliki dua sekolah bertaraf internasional dan nasional plus dalam komplek nya sehingga anak tidak perlu keluar kompleks perumahan untuk bersekolah . Perumahan komplek Garden House PIK sudah 8jutaan per meternya, dengan konsep mediterania juga menjadi incaran para buyer kelas atas jakarta. Masih di Jakarta Barat, Casa Jardine yang banyak melego rumah di atas satu miliar mencatat tipe125/90 dan 176/144 sebagai yang terlaris. Menurut GM Marketing , perumahannya membidik pengusaha generasi kedua, usia sekitar 35 – 40 tahun, mapan dan budgetnya tebal “Bujet mereka antara Rp1 milyar – Rp3 milyaran,” katanya. Mereka merasa cukup tinggal di rumah berkamar 3+1. Penjualan kedua tipe itu sekitar 50 persen dari transaksi yang mencapai 15-20 unit per bulan.

Sementara di Jakarta Timur yang bukan daerah Pecinan, yang paling loncer rumah Rp200 – Rp700 jutaan. Di Menteng Metropolitan, satu-satunya perumahan yang menjual “rumah murah”, yang paling laku tipe 43/90 dan 56/90. Penjualan kedua tipe itu, kata Kartika Rahmawati, Marketing Manager PT Metropolitan Land, mencapai 50 persen. “Konsumennya sebagian besar karyawan,” katanya. Sedangkan The Royal Residence yang tidak jauh dari Menteng Metropolitan, banyak melego tipe 130/180 dan 142/180. Penjualannya rata-rata 20 unit/bulan. “Kedua tipe itu menyumbang 30 persen penjualan kita,” terang Budiman Kusnandar, Marketing Manager Royal Residence.

Desain

Selain harga, desain juga sangat mempengaruhi pilihan konsumen di Jakarta. Buktinya ketika BGM melansir cluster The Rome dengan rumah bergaya klasik Eropa, banyak yang senang. Sebelumnya BGM banyak membangun rumah bergaya mediterania. Sugeng mengatakan, di PIK desain klasik modern banyak penggemarnya. Terlebih tipe rumahnya pas, yakni 255/250 dan 200/220 seharga Rp.3 miliar an. “Dari 100 unit yang dipasarkan kini tinggal 10 unit,” ujarnya. Di luar BGM yang dominan desain modern minimalis seperti di Puri Botanical di Kebon Jeruk, Taman Grisenda, dan Town House Long Beach di PIK. Pantai indah kapuk boleh dibilang paling fenomenal penjualannya, rata-rata 40-50 unit/bulan.

Daftar rumah-rumah yang menganut konsep modern tropis di Jakarta dan kisaran harganya :

Data harga tanah dan rumah Jakarta per April 2011 ,

1.Taman Grisenda Pantai Indah Kapuk ( harga rumah :2 milyar – 8 milyar per unit , harga tanah : 8 juta – 10 juta / meter)

2.Casa Goya Kebon Jeruk ( harga rumah :1,5 milyar – 3 milyar ,harga kavling 6 juta/meter )

3.Grand Orchard Kelapa Gading ( 1,5 milyar – 3 milyar , harga tanah : 8 juta per meter)

4.Green Mansion Daan Mogot ( 1,5 milyar – 3 milyar )

5.Casa jardine Daan Mogot ( 800 juta – 2,5 milyar ,harga tanah : 5-6 juta per meter)

6.Puri Botanical Kebon Jeruk ( 1,5 milyar – 2,5 milyar , harga tanah 4-5 juta per meter)

7.Puri Mansion di Puri Indah ( 1 milyar – 2,5 milyar )

8.Long Beach di Pantai Indah Kapuk ( 1,5 milyar – 2,5 milyar )

9.The Bukit di Ancol ( 1,9 milyar – 3 milyar , harga tanah 5-6 juta per meter )

10. Puri Indah – Jakarta Barat ( harga tanah 7 – 8 juta per meter )

11. Gading Kirana – Kelapa Gading ( harga tanah 7 – 9 juta per meter )

12. Mediterania Kelapa Gading ( harga tanah 9 – 12 juta per meter )

13. Elang Laut – Pantai Indah Kapuk ( Harga tanah 6 – 7 juta per meter )

14. Green Garden – Jakarta Barat ( harga tanah 6 juta per meter )

15. Ancol – Jakarta Utara ( harga tanah 5-6 juta per meter )

16. Sunter Metro , Sunter Garden ( harga tanah 7 juta per meter )

17. Pulomas – Jakarta Timur ( harga tanah 3 – 4 juta per meter )

18. Mediterania – PIK ( harga tanah 8- 10 juta per meter )

19. Katamaran, Trimaran , Layar – PIK ( harga tanah 7 juta per meter)

20. Bukit Golf Mediterania PIK ( Harga rumah 1,4 milyar – 5 milyar , harga tanah 8 – 9 juta per meter )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Harga Tanah Perumahan Baru Jakarta Selangit at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: