Model Town House Mewah Makin Diminati

Juli 7, 2010 § Tinggalkan komentar

Town House Menjamur di Jakarta

Karena lokasinya di Jakarta dan dekat  jalan tol,  town house lebih dicari walaupun harganya lebih mahal .

Banyak yang mengira town house bagian dari rumah keluarga muda.. Padahal townhouse masukkategori perumahan mewah dan bisa untuk keluarga besar.  Kata townhouse atau rumah kota menjadi sumber kesalahpahaman. Posisi keduanya cukup dekat. Antara Pondok Indah, Kelapa gading, Pantai Indah kapuk, puri indah, kebon jeruk, ancol dan menteng juga terdapat townhouse yang benar2 elit alias harganya sudah diatas 2 milyar per unit nya.

Karena posisinya yang strategis banyak yang mengincar jakarta utara  sebagai pilihan tempat tinggal. Perumahan menjamur di kawasan itu. Sedikitnya ada 4 perumahan yang tengah dipasarkan di kawasan yang disebut-sebut bakal menjadi pusat pemerintahan kota baru jakarta itu. Hanya saja skalanya kecil-kecil. Yang terbesar PIK dan kelapa gading  (515 ha). Itu pun sudah hampir habis. Selebihnya di bawah lima hektar, bahkan kurang dari satu hektar.

“Di kelapa gading tidak ada perumahan besar karena lahannya sangat terbatas. Kalaupun ada harganya sudah mahal,” kata Bambang  yang berkongsi mengembangkan townhouse di jakarta sejak 10 tahun yang lalu itu.

Strategis

Selain di pantai indah kapuk, lokasi town house tersebar di BGM, Long Beach PIK, Taman Grisenda PIK , Taman resor mediterania PIK, taman golf barat, crown golf PIK . Semuanya jauh dari titik kemacetan  Perumahan tersebut dekat dengan pintu tol PIK dan Pluit.

“Lokasi perumahan di sini strategis, di Jakarta Utara, dekat jalan tol dan fasilitas di sekitarnya cukup lengkap,” kata Deddy , Direktur Utama sebuah perusahaan broker .

Sekalipun  mayoritas rumah yang dipasarkan untuk kalangan menengah atas, seharga di atas Rp.3 milyar sampai lebih dari lima miliar seperti Crown Golf di PIK. Beberapa perumahan masih menawarkan rumah Rp.2 milyar sampai 3 milyar , terutama yang akses nya bagus seperti taman grisenda di pantai indah kapuk.

Sebagian perumahan dibangun dengan konsep town house (rumah banjar), atau dipasarkan developernya dengan nama town house. Pengembangan dengan sistem cluster (satu pintu keluar masuk). Penataan lingkungan rapi, drainase tertutup, dengan rumah tanpa pagar. Sebagian malah sudah menggunakan jaringan listrik dan telepon serta utilitas bawah tanah.

Perumahan yang dikembangkan dengan konsep town house antara lain Greenwoods Town Houses, sekitar dua km dari stasiun kereta Pondok Ranji, dan Graha Hijau Riviera, pengembangan dari Graha Hijau 2. Lalu de Melles Homes, sekitar 100 meter dari Greenwoods,  Micasa Town House persis di depan kampus UIN bersebelahan dengan ISCI (International Sport Club Indonesia), dan Villa Gunung.

Selanjutnya Taman Pesona Gintung (4,5 ha), satu lokasi dengan Makro. Lahan perumahan sebelumnya milik pusat kulakan asal Belanda itu, kemudian dibeli PT Hanurata, developer Taman Pesona Gintung. Hanurata dulu lebih dikenal sebagai kontraktor jalan tol.

Kemudian Griya Aviva dan Purnawarman Residence. Kecuali Micasa dan Purnawarman Residence, tiga town house lain lebih dekat ke Bintaro. Dari Griya Aviva ke CBD Bintaro dan Greenwood ke Plaza Bintaro hanya sekitar dua km.

Di luar itu masih ada Green Bintaro Residence, Graha Intan Residence, Beranda Rempoa, dan Menjangan Mas Residence selain Nerada Town House, yang semuanya sudah dibahas di laporan utama majalah Estate edisi April 2007 (“Tangerang, Menjamur di Sisi Selatan”).

Seluruh town house (kecuali Purnawarman Residence), dilewati kendaraan umum.  Greenwoods, Griya Aviva, de Melles Homes, dan Graha Hijau Riviera dilewati  angkot Ciputat-Bintaro yang melintas di Jl Juanda (d/h Jl Ciputat Raya). Sementara Grand Cirendeu Town House, Grand Puri Laras, dan Graha Intan dilalui angkot Ciputat-Pondok Cabe-Cinere. Sedangkan Micasa hanya 50 meter ke Jl Juanda.

Laris manis

Selain strategis perumahan di Ciputat memiliki jalan tikus cukup banyak. Kalau akses utama Jl Juanda macet Anda bisa mengambil jalan alternatif di Pasar Jumat, Sandratex, Pondok Pinang, Rempoa, atau masuk jalan tol Pondok Pinang-Serpong keluar di pintu tol Pondok Ranji.

Jangan heran rumah di Ciputat laris manis. Greenwoods (50 unit) sejak dipasarkan setahun lalu sudah laku 34 unit. Harganya Rp600 jutaan sampai mendekati satu miliar. Meski lokasinya di pertigaan Jl WR Supratman dan Jl Kompas, suasana perumahan yang dibangun PT Baruna Realty itu cukup tenang. Seluruh rumah dibangun di belakang di lahan berbentuk botol.

Griya Aviva (52 unit) dan Grand Puri Laras (130 unit) juga mendapat respon bagus. Puri Laras kurang dari setahun sudah terjual 60 persen. Harganya Rp500 jutaan ke atas. Sementara Griya Aviva yang memasarkan rumah Rp400 jutaan – Rp500 jutaan tersisa 13 unit. Sedangkan de Melles dari 10 unit yang hendak dibangun sudah jadi empat unit dan semuanya sudah dihuni. “Ada satu bule dan seorang pilot,” kata penjaganya.

Respon terhadap Grand Cirendeu tak kalah bagus. Perumahan milik PT Giradi Mega Utama yang lokasinya nempel Tamansari Pesona Bali (Bali View) itu, baru dipasarkan Januari 2007. Dari 45 unit yang hendak dibangun sudah terjual 15 unit. Termurah Rp560 jutaan (tunai keras), sepadan dengan kualitas rumah dan jaringan infrastrukturnya. “Perumahan kami eksklusif, kualitas bangunan dan lokasinya juga bagus,” kata Deddy Heriadi, Direktur PT Giradi.

Kawasan Cirendeu dipilih karena pertimbangan lokasi. Dekat Pondok Indah dan dan di sekitarnya banyak fasilitas. Deddy juga melakukan survei ke perumahan-perumahan di kawasan. Ternyata penjualannya bagus dan dalam setahun naik harga sampai tiga kali.

Micasa Town House (11 unit) sebetulnya sudah dibangun pada tahun 1996, tapi untuk disewakan kepada ekspatriat. Pada medio 2006 oleh PT Tridaya Grahapermata dijual putus. Sekalipun sudah 10 tahun kondisi bangunannya masih bagus.

Semua rumah direnovasi meliputi pengecatan interior & eksterior, ganti lantai keramik, kunci-kunci pintu, dan keran-keran air. Pokoknya langsung siap huni. Bangunannya 287 m2 dengan luas tanah antara 193 – 381 m2. Saat ini sudah laku lima unit.

Model rumah

Hampir semua town house di jakarta bergaya modern mulai dari modern minimalis sampai modern tropis. Hanya Micasa yang bergaya tropis. Agar lebih menarik beberapa developer memberi layanan tailor made terutama untuk lay out rumah. Misalnya Grand Cirendeu, Grand Puri Laras, dan de Melles Homes. Bahkan Micasa, kalau ada permintaan lay out-nya bisa diubah. “Jadi, konsumen bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhannya,” kata Deddy.

Kedokteran, RS, dan Pamor Puri Indah dan PIK

Fasilitas di kawasan PIK lengkap. Tapi, dalam radius 2-5 km terdapat mall besar, Makro, Carrefour, Poins Square, Mal dan RS Pondok Indah. Ke Citos juga cukup dekat. Sekolah unggulan dari TK – SMU juga ada. Jadi, memang cocok untuk hunian kalangan menengah atas terutama yang beraktifitas di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Karena itu, juga karena kecilnya skala hampir semua perumahan di Ciputat, tidak ada yang menyediakan fasilitas baru. Hanya Taman Pesona Gintung, Grand Puri Laras, dan Grand Cirendeu yang dilengkapi club house kecil.

Fly over di PIK  juga segera dibangun sehingga akses ke Puri dan Pondok Indah  makin mudah. Perkembangan ini membuat perumahan di PIK  khususnya  makin prospektif.

Tagged: , , , , , , , , , ,

Komentar ditutup.

What’s this?

You are currently reading Model Town House Mewah Makin Diminati at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: