Poros Rumah Seken Kelapa Gading – Sunter – Cempaka Putih

Juli 2, 2010 § Tinggalkan komentar

Peluang membeli rumah Kelapa Gading – Sunter  masih terbuka karena permintaan dan harganya masih meningkat.

Di Jakarta kemacetan bukan hanya terjadi pada lalu lintas antar-wilayah melainkan juga di dalam kota. Karena itu moda transportasi yang bisa meringkas perjalanan seperti busway pasti sangat dinanti. Punya rumah di koridor yang dilaluinya pun menguntungkan.

Bagaimana tidak. Warga Kalideres, Jakarta Barat, misalnya, dengan bus-way hanya butuh 55 menit mencapai Sudirman-Thamrin dibanding 90 menit dengan angkutan biasa. Ada tiga koridor busway yang sudah beroperasi. Beberapa permukiman berada persis di koridor itu.

Di koridor satu Blok M-Kota tak ada hunian landed house yang bisa dilirik kecuali Kebayoran Baru, pemukim an kaum atas yang pasti tidak hirau dengan kehadiran busway. Sedangkan di koridor dua Pulogadung-Harmoni beberapa permukiman yang layak dipilih adalah Kelapa Gading dan Cempaka Putih.

Di Kelapa Gading, menurut Hanny Koswidjaja, prinsipal LJ Hooker Kelapa Gading, jalur busway tidak memenga-ruhi permintaan. “Harga tanahnya masih berkisar Rp5 – 8 juta-an per meter,” katanya. la menduga hal itu karena warga Kelapa Gading rata-rata memakai mobil pribadi.

Hal itu agak aneh bila mengingat warga Kelapa Gading yang kebanyakan etnis Tionghoa banyak beraktivitas dan sekolah di Jakarta Barat, kawasan bisnis pecinan lain dan tempat ber-himpunnya sejumlah perguruan tinggi swasta temama. Busway yang aman, nyaman, dan lancar mestinya menjadi pilihan mereka.

KETINGGIAN

Seorang pengamat properti menduga busway tidak berpengaruh karena harga tanah di Kelapa Gading sudah ketinggian. “Soalnya minat orang tinggal di kawasan itu masih tinggi,” katanya. Karena itu ia menyarankan menjajal kawasan Cempaka Putih di Jl Letjen Soeprapto yang harganya lebih murah dan lingkungannya cukup baik. Setelah dibeli rumah bisa direnovasi. Lokasinya sangat strategis baik ke by pass dan jalan tol dalam kota maupun ke Menteng dan Sudirman-Thamrin. Cari rumah yang paling dekat dengan halte busway. Yaitu halte Cempaka Putih Tengah di antara Jl Cempaka Putih Barat dan Cempaka Putih Tengah II, halte RS Islam di depan Jl Cempaka Putih Tengah, dan halte Cempaka Putih Timur di depan ITC Cempaka Mas.

Apalagi, permintaan rumah di Cempaka Putih juga belum meningkat. Bahkan sebaliknya menurun 10 – 20 persen dibanding tahun lalu. “Mungkin karena koridor dua baru beroperasi. Jadi, belum kelihatan pengaruhnya,” kata Juanita Aulia, Principal Ray White Cempaka Putih.

Kebanyakan rumah sudah tua. Karena itu yang dihitung hanya tanah-nya. Harga antara Rp2,5 – 4 juta per m2 tergantung lokasi. Meskipun rentan banjir seperti Kelapa Gading, di lokasi tertentu di Cempaka Putih harga rumah di depan kali bisa lebih mahal ketimbang yang menghadap rumah juga, karena berukuran besar dan banyak dihuni mantan pejabat dan artis.

TAMAN SOLO

Kaveling sedang antara 200 – 300 m2 dan besar antara 800 – 900 m2 ada di jalan raya. Sedangkan kaveling kecil 120 – 200 m2 di jalan dengan nomor seperti Jl Cempaka Putih Barat 2E. Rumah di bawah Rp1 miliar sudah sulit didapat. Di Jl Cempaka Putih Raya kaveling 900 m2 ditawarkan Rp5 miliar.

Daerah favorit adalah Taman Solo (Jl Cempaka Putih Tengah 27 dan Jl Cempaka Putih Timur) yang banyak dihuni mantan pejabat dan artis itu. Kalau harga rumah terlalu mahal, Anda bisa memilih apartemen. Harga apartemen 70 m2 di Cempaka Mas hanya Rp300 jutaan, ukuran 90 m2 Rp400 jutaan.

Perbandingan harga tanah Sunter – Gading – Cempaka per Juli 2010

1. Sunter Metro : 5 – 7 juta per meter

2. Sunter Garden : 5 – 7 juta per meter

3. Villa Gading Indah : 5- 7,5 juta per meter

4. Cempaka Putih : 3- 4 juta per meter

5. Grand Orchard – Kelapa Gading : 7- 8 juta per meter

6. Sunter Paradise 1,2 3 : 4- 7 juta per meter

7. Mediterania Kelapa Gading : 9 – 10 juta per meter

8. Artha Gading Villa : 10 -12 juta per meter

9. Grisenda Pantai Indah Kapuk : 8 -9 juta per meter

10. BGM – Pantai Indah Kapuk : 7- 9 juta per meter

11. Mediterania – Kelapa Gading : 8 – 11 jt /m

About these ads

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

Komentar ditutup.

Apa ini?

Saat ini Anda membaca Poros Rumah Seken Kelapa Gading – Sunter – Cempaka Putih pada Indonesia Housing And Property News.

meta

%d bloggers like this: