Jakarta Garden City – Menyediakan Rumah Idaman Eksekutif Muda

Juli 2, 2010 § Tinggalkan komentar

Jakarta Garden City – Hunian Baru Dengan Harga Terjangkau

Terletak di Jakarta Timur pilihan perumahan di jalur busway dekat dan  berada di sekitar terminal Pulogadung dan akses tol.

Keberadaan busway memang belum berpengaruh terhadap peningkatan permintaan atau kenaikan nilai properti di sekitarnya. Meskipun demikian developer di Jakarta Timur menyambut baik moda transportasi yang awalnya banyak dicerca itu. “Selagi problem kemacetan belum terpecahkan, busway menjadi alternatif transportasi yang cukup baik,” kata Kartika Rahmawati, Marketing Manager Menteng Metropolitan, salah satu perumahan dekat jalur busway di Jakarta Timur. Selain Menteng Metropolitan, perumahan lain adalah Jakarta Garden City,  Pulomas Residence dan The Royal Residence.

Ketiganya berada di sekitar terminal busway Pulogadung (koridor II Pulogadung-Cempaka Putih-Senen-Pasar Baru-Gambir-Harmoni) dalam radius 1 – 5 km. Yang paling dekat, bahkan hanya 500 m dari halte Pulomas (halte busway kedua setelah Bermis dari Pulogadung), adalah Pulomas Residence. Jadi, dari perumahan ke halte itu bisa berjalan kaki. Sementara The Royal Residence dan Menteng Metropolitan lebih jauh (4 – 5 km). Meskipun demikian dari kedua perumahan ke Pulogadung hanya sekali naik angkutan umum.

“Naik Metromini ongkosnya hanya Rp2.000,” kata Budiman Kusnandar, Marketing Manager The Royal Residence. Kedekatan dengan Pulogadung merupakan kelebihan tersendiri. Pasalnya, jalur busway yang berujung di Pulogadung bukan hanya koridor II tapi juga koridor IV Dukuh Atas-Manggarai-Pramuka-Pemuda-Pulogadung. Dengan demikian pilihan jurusan dari Pulogadung dengan busway lebih banyak. Sementara ke jurusan lain penumpang bisa transit di halte Harmoni, Dukuh Atas, Matraman, dan Senen.

Harga rumah di Jakarta Garden City berkisar ari 500 an juta hingga 1,5 milyar rupiah. Dengan sarana dan prasarana yang mendukung, harganya dipastikan akan naik dan cepat berkembang seperti Kelapa Gading dan sekitarnya.

Harga rumah di Pulomas Residence juga relatif terjangkaul. Yang termurah tipe 201/162 seharga Rp1,38 miliar. Pulomas Residence merupakan bagian dari kawasan terpadu Pulomas (63,3 ha). Selain perumahan, di kawasan itu juga dibangun apartemen, pertokoan, perkantoran, area hang out dan kebudayaan, serta hotel. Rumah yang akan dibangun 180 unit dilengkapi sport club. Saat ini berlangsung pengembangan tahap kedua.

Sementara The Royal Residence melansir rumah menengah seharga Rp300 jutaan – Rp770 jutaan. Sejak dibangun dua tahun lalu sudah terjual 100 unit lebih. Menurut Budiman, yang paling laku rumah seharga Rp300 jutaan. Selain tidak jauh dari jalur busway, perumahan ini juga dekat dengan pintu tol Pulogebang.

Sedangkan Menteng Metropolitan menawarkan rumah seharga Rp247 juta dan Rp380 juta. Skala perumahan paling luas dan sudah dihuni sekitar 700 KK, dilengkapi sekolah TK-SMA, kolam renang, lapangan futsal dan bulutangkis.

Terminal Kampung Rambutan

Perumahan lain di koridor II dan IV sudah berada di wilayah Kelapa Gading (Jakarta Utara), seperti Gading Grande dan berbagai cluster di Summarecon Kelapa Gading (The Kew, Gading Park View, Royal Gading Mansion). Harga rumahnya jauh lebih mahal dibanding Pulomas Residence, sehingga keberadaan busway mungkin tidak mereka perhitungkan sama sekali.

Di luar itu pilihan perumahan ada di sekitar terminal Kampung Rambutan (koridor VII Kampung Rambutan-Kramat Jati-Cililitan-UKI-Dewi Sartika-Kampung Melayu), dalam radius 3 – 7 km. Yang paling dekat Pinang Ranti Mansion, Taman Permata, dan Callista Residence. Yang lebih jauh Jatiwarna Indah dan Puri Gading. Dari perumahan-perumahan itu ke terminal Kampung Rambutan harus naik kendaraan umum dua kali.

Warga Pinang Ranti Mansion dan Taman Permata bisa juga mengakses busway melalui halte Pasar Induk Kramat Jati. Kelak bila busway koridor IX Pinang Ranti – Pluit sudah terbangun, akses busway kedua perumahan makin banyak dan mudah. Selain itu ada juga Matraman Town House yang persis di pinggir busway koridor V Kampung Melayu – Ancol. Harga rumahnya mulai dari Rp1,2 miliaran/unit (T 197/109). Hadi Prasojo, Amalia M Roozanty

Antara Tol dan Busway

Umumnya perumahan di Jakarta Timur belum menjadikan busway sebagai nilai jual proyeknya. Apalagi dibanding ke halte busway, lokasi semua perumahan lebih dekat ke jalan tol. Jatiwarna Indah dan Puri Gading misalnya, hanya 1 – 2 km dari pintu tol Jatiwarna. Sementara Pinang Ranti Mansion dan Callista Residence dekat dengan pintu tol Taman Mini dan Bambu Apus.

Selain itu, segmen yang dibidik berbagai perumahan di atas rata-rata kalangan menengah atas. Yang masih memasarkan rumah Rp200 jutaan/unit hanya Menteng Metropolitan dan Puri Gading. Yang lain sudah di atas Rp450 jutaan. Di Pinang Ranti Mansion bahkan mulai dari Rp647 juta. Bagi kalangan itu busway belum terlalu menarik.

Kecuali kualitas pengelolaan busway dibenahi, jaringan jalan dan jumlah bus diperbanyak, kedatangan bus selalu on time, didukung bus pengumpan (feeder) yang layak, dan pedesterian yang aman dan nyaman dilalui di semua halte, mungkin baru mereka mau pindah dari kendaraan pribadi ke busway.

Selama ini karena jarak yang cukup jauh ke halte, tidak adanya feeder yang layak, kemacetan di jalan, dan masih terbatasnya armada bus Trans Jakarta, membuat banyak orang enggan beralih ke busway. “Begitu bus datang langsung penuh. Orang jadi malas pakai busway. Pilihannya tetap mobil pribadi, angkutan umum, atau naik motor,” kata Dwi Pandji Nanggala, Member Broker Century 21 Metropolis.

Dari Jatiwarna Indah dan Puri Gading yang berjarak sekitar 7 km dari Kampung Rambutan misalnya, lebih enak pakai mobil pribadi melalui jalan tol atau langsung naik angkutan umum ketimbang ke Kampung Rambutan dulu untuk naik bus Trans Jakarta. “Busway memang alternatif transportasi yang efisien dan nyaman. Tapi, pengelolaannya perlu dibenahi, feeder harus disediakan,” lanjutnya.

Sejauh ini belum ada perumahan di Jakarta Timur yang menyediakan feeder busway. Developer Menteng Metropolitan pernah menyediakannya dari perumahan ke terminal Pulogadung untuk mendorong penghuninya beralih ke busway. “Tapi, responnya sangat terbatas. Yang menggunakannya kurang dari 10 orang. Akhirnya feeder itu dihentikan,” kata Kartika.

Walhasil yang menyediakan feeder busway semuanya perumahan besar di luar Jakarta. Responnya cukup baik. Hanya saja semua feeder itu untuk jalur busway koridor I (Blok M – Kota) yang melalui Jl Sudirman – Thamrin. Ke depan harusnya feeder diarahkan untuk mengangkut calon penumpang ke halte busway terdekat. Untuk perumahan di Cibubur dan sekitarnya misalnya, ke halte Kampung Rambutan, sedangkan perumahan di Bekasi Barat dan Utara ke halte Pulogadung.

Tagged: , , , , , , , , ,

Komentar ditutup.

What’s this?

You are currently reading Jakarta Garden City – Menyediakan Rumah Idaman Eksekutif Muda at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: