Town House Untuk Si Tajir

Mei 4, 2010 § Tinggalkan komentar

Town House Grisenda Pantai Indah Kapuk –  Paling Dicari Pasangan Muda
Rumah seharga Rp. 1,5  milyar hingga Rp. 2,5  milyar paling banyak peminatnya.

Di Jakarta yang lahannya sudah sangat terbatas rumah menjadi komoditas sangat mahal. Mencari rumah Rp200 jutaan sangat sulit. Hanya kawasan tertentu di Jakarta Timur yang masih menyediakan rumah Rp300 jutaan. Itu pun amat terbatas. Karena itu hanya orang-orang berduit yang bisa membeli rumah di Jakarta. Makanya yang banyak terjual rumah seharga Rp700 jutaan-Rp2 miliaran.

Yang pertama untuk orang kaya, yang kedua untuk yang sangat kaya. Mereka umumnya membeli secara tunai keras atau bertahap. “Yang menggunakan KPR tak lebih dari lima persen,” kata Ayu, Marketing Manager Taman Grisenda Pantai Indah Kapuk .

Kategori menengah atas

Di Jakarta Utara perumahan yang memasarkan rumah Rp.1,5 milyaran – Rp2,5 miliar mencatat penjualan bagus. Di Taman Grisenda Pantai Indah Kapuk misalnya, tipe Chrusant   Masterpiece  tergolong laku keras. Tipe – tipe seharga Rp.1,5 milyar sampai 2,5 milyar di cluster Grisenda PIK  sempat mencatat rekor spektakuler. Dalam sehari terjual 40 unit. Harga rumah di perumahan Grisenda PIK  bersaing ketat dengan harga rumah dengan luas yang sama di perumahan Puri Indah , Casa Goya Kebon Jeruk dan Green Mansion di Daan Mogot.

Jangan heran ketika Grisenda , BGM dan Gold Coast melansir tipe  seharga Rp. 2  miliar an ke atas dengan sistem cluster  konsumen antusias. Bangunannya tiga lantai, kamar 4+1, dan garasinya bisa memuat empat mobil. “Sebentar saja langsung habis,” katanya.

Di Grand Puri Grisenda, Taman Grisenda (38 ha), juga di kawasan PIK, yang mengambil positioning kelas menengah atas , paling laku tipe Aster dan Masterpiece. Empat tipe lain seharga Rp.1,5  milyaran– Rp2,5 miliar juga laris diburu konsumen kelas atas. “Tipe Aster banyak yang suka karena memiliki dua muka, depan belakang punya halaman,” ujar Agus Rahmanto, Project Manager Taman Grisenda.

Karena lokasinya yang strategis  rumah Rp. 1,5  milyaran di PIK banyak diincar keluarga muda yang baru menikah atau punya satu anak (usia 35 – 45). Mayoritas pedagang Glodok, Mangga Dua, Kota, dan Roxy. Mungkin karena itu Grand Puri Grisenda Pantai Indah Kapuk  sejak awal optimis rumahnya yang akan direspon pasar.

Relatif

Menurut Dwi Wahyuni, Marketing Manager Puri Botanical Residence di Joglo, Jakarta Barat, harga memang relatif di Jakarta. Tergantung di mana dan bagaimana tipe rumahnya. Ia mengambil contoh perumahannya. Ia memasarkan tipe 139/126 seharga Rp1,4 milyar, tapi yang  banyak diincar justru tipe 195/198 dan tipe 270/288 seharga Rp1,8 miliar, karena ruangannya lega dan lay out-nya optimal. Luas kamar utama saja 50 m2.

“Untuk Jakarta Barat rumah 200/208 seharga Rp2,8 miliar itu sudah sangat mewah. Di Puri Indah (yang hanya beberapa kilometer dari Puri Botanical) harganya lebih dari itu,” katanya. Sebagai perbandingan di Puri Botanical harga tanah masih Rp. 4,5juta/m2, di Puri Indah sudah Rp6-8 juta , garden house PIK Rp. 7-8 jt /m2 , sedangkan di kawasan grisenda PIK sudah sekitar 5 – 6 juta an per meternya.

Masih di Jakarta Barat, Daan Mogot Baru yang banyak melego rumah di bawah satu miliar mencatat tipe125/90 dan 176/144 sebagai yang terlaris. Menurut Juan Panca Wijaya, GM Marketing Daan Mogot Baru, perumahannya membidik pengusaha generasi kedua, usia sekitar 40 tahun, dan kantong belum terlalu tebal. “Bujet mereka antara Rp500 – Rp700 jutaan,” katanya. Mereka merasa cukup tinggal di rumah berkamar 3+1. Penjualan kedua tipe itu sekitar 50 persen dari transaksi yang mencapai 15-20 unit per bulan.

Sementara di Jakarta Timur yang bukan daerah Pecinan, yang paling loncer rumah Rp200 – Rp700 jutaan. Di Menteng Metropolitan, satu-satunya perumahan yang menjual “rumah murah”, yang paling laku tipe 43/90 dan 56/90. Penjualan kedua tipe itu, kata Kartika Rahmawati, Marketing Manager PT Metropolitan Land, mencapai 50 persen. “Konsumennya sebagian besar karyawan,” katanya.

Sedangkan The Royal Residence yang tidak jauh dari Menteng Metropolitan, banyak melego tipe 130/180 dan 142/180. Penjualannya rata-rata 20 unit/bulan. “Kedua tipe itu menyumbang 30 persen penjualan kita,” terang Budiman Kusnandar, Marketing Manager Royal Residence.

Desain

Selain harga, desain juga sangat mempengaruhi pilihan konsumen di Jakarta. Buktinya ketika BGM melansir cluster The Rome dengan rumah bergaya klasik Eropa, banyak yang senang. Sebelumnya BGM banyak membangun rumah bergaya mediterania. Sugeng mengatakan, di PIK desain klasik modern banyak penggemarnya. Terlebih tipe rumahnya pas, yakni 255/250 dan 200/220 seharga Rp.3  miliar an.

“Dari 100 unit yang dipasarkan kini tinggal 10 unit,” ujarnya. Di luar BGM yang dominan desain modern minimalis seperti di Puri Botanical, Taman Grisenda PIK, dan Casa Goya di Kebon Jeruk.  Pantai indah kapuk boleh dibilang paling fenomenal penjualannya, rata-rata 40-50 unit/bulan. Setidaknya begitu klaim developernya. Hadi Prasojo

Tidak berbeda dengan rumah biasa, town house seharga Rp800 jutaan – Rp2 miliar yang banyak tersebar di Jakarta Selatan juga paling direspon konsumen. Jagakarsa Residence (85 unit) misalnya, sejak dipasarkan April 2005 sudah menjual 45 unit. Sebanyak 33 unit tipe 140/128 seharga Rp861 juta dan 12 unit tipe 160/200 Rp1,1 miliar. Menurut Bagaskoro, Marketing Manager Jagakarsa Residence, masih ada 40 unit yang belum terjual, semuanya tipe 140/128.

Pembelinya kalangan yang mulai mapan (usia 35 tahun ke atas) yang membayar secara cash atau bertahap. “Selama tahun ini belum ada yang membeli dengan KPR,” ujarnya.

Sedangkan Bonavista Residence di Lebak Bulus-Jakarta Selatan, kata Indra Himawan, Sales Managernya, dibeli para top level perusahaan. “Yang banyak terjual tipe 280/160 seharga Rp2 miliar,” katanya. Tipe ini tangganya lebih landai dibanding tipe lain sehingga lebih nyaman dilalui. Hunian tiga lantai itu memiliki kamar 4+1 dan garasinya muat dua mobil. “Kami bisa menjual 5-6 unit per bulan,” katanya.

Tagged: , , , , ,

Komentar ditutup.

What’s this?

You are currently reading Town House Untuk Si Tajir at Indonesia Housing And Property News.

meta

%d blogger menyukai ini: