Rencana Pengembangan Pantai Indah Kapuk

Juli 2, 2010 § Tinggalkan komentar

Pilihan Hunian di Jakarta semakin menarik dengan dikembangkannya hunian mewah Pantai Indah Kapuk.

Perumahan di Jakarta makin menarik menyusul dibukanya tol dan interchange PIK serta sarana hang out yang makin komplit. Anda pebisnis yang kerap melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau ke luar negeri? Perumahan di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta , layak Anda lirik. Pilihannya cukup banyak dalam radius 5- 12 km dari bandara dan dekat dengan beberapa pusat bisnis dan rekreasi Jakarta.

Yang terbanyak rumah seharga Rp. 1,5 milyaran ke atas seperti Puri Indah, Mediterania PIK, Taman Grisenda PIK, Bukit Golf Mediterania PIK, Casa Jardine, Green Mansion Daan Mogot. Ada juga rumah seharga Rp.900 jutaan atau bahkan kurang di sepanjang Daan Mogot. Lokasi perumahan tidak semua di jalan kolektor yang cukup lebar. Beberapa di luar jalan utama terutama yang di kawasan Kalideres dan Tangerang.

Tapi dengan adanya jalan tol Prof Sedyatmo (tol bandara) dan Jl Kamal Ring Road , semua perumahan mudah diakses dari segala jurusan karena umumnya dekat dengan jalan tol itu. Terlebih yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan di koridor yang memiliki akses langsung ke Jl Kamal Ring Road.

Berbagai perumahan itu rata-rata juga mudah diakses dari sentra bisnis Glodok, Kota , Mangga Dua, dan Roxy. Ke pusat perniagaan paling loncer di Jakarta ini hanya 30 menit. Ke kawasan pergudangan di Pluit dan Muara Karang juga singkat. Sementara ke Pelabuhan Tanjung Priok gampang, melalui pintu tol PIK.

Jangan heran penghuninya kebanyakan pebisnis atau pedagang. Harga rumah yang tinggi membuat hanya pebisnis mapan yang membelinya. Baik mereka membeli untuk ditinggali ataupun sebagai investasi.Berbeda dengan kawasan Serpong (Tangerang) dan Kelapa Gading (Jakarta Utara), perumahan di sekitar bandara terpencar-pencar di Cengkareng, Daan Mogot, Kalideres (Jakarta Barat) serta kawasan Kapuk (Jakarta Utara).

Yang berkembang pesat kawasan Kapuk. Dulu yang terbesar PIK (800 ha). Namun pasca krismon setelah sebagian besar dikuasai BPPN, banyak investor yang masuk. Akhirnya di dalam PIK muncul beberapa perumahan mewah seperti Lotus Palace , Bukit Golf Mediterania, Taman Grisenda dan Cluster Manyar. “Sebetulnya masih ada beberapa investor yang membeli tanah PIK tapi belum dibangun,” kata Surianto Salim, Direktur LJ Hooker Pluit.

Karena lahannya sudah dikaveling-kaveling, PIK nyaris tak bunyi lagi di pasar. Yang menonjol Bukit Golf Mediterania (300 ha), sementara Lotus sudah habis. Sejak diluncurkan dua tahun lalu Bukit Golf telah menjual 1.700 rumah terbagi dalam tiga cluster. Semua rumah bergaya mediterania. Pembangunannya hampir tuntas, satu cluster sudah siap dihuni. Ketiga cluster dilengkapi ruko yang juga siap beroperasi. Baru saja dilansir cluster Layar Mediterania di depan RS PIK dengan rumah terkecil tipe 128/104 .

Harga rumah di kawasan Pantai Indah Kapuk  yaitu di Taman Grisenda (38 ha), antara Rp.2  milyar – Rp.5,5 milyar. PT Selo Giri Indah memasarkannya dengan harga tanah kavling siap bangun berkisar  12 – 14 juta an per meter. Bandingkan dengan di Gold Coast – PIK yang sudah di kisaran Rp.16 – 18  juta per m2.

Lokasi Taman Grisenda persis di exit tol Pantai Indah Kapuk, hanya beberapa ratus meter dari deretan showroom mobil di PIK. Saat ini dipasarkan cluster Grand Taman Grisenda (3,6 ha). Di situ akan dibangun 149 unit rumah dan 35 unit rukan. Selebihnya taman (open space) sehingga ada sebagian rumah yang memiliki view taman. Cluster ini juga dilengkapi club house dan kolam renang khusus untuk penghuni .

Fasilitasnya pun komplit: mal, rumah sakit, sekolah unggulan, dan 160 unit rukan yang sudah terbangun dari rencana 267 unit. Perumahan seluas 70 ha ini sudah dihuni 1.000 KK. “Jadi, harga rumah kami wajar,” tukas Juan.

Perumahan yang dikembangkan Mandara Permai pada awal 1990-an itu juga dilengkapi kawasan komersial PIK Mall yang dalam tahap konstruksi, dan kolam renang Waterboom. Lokasi PIK hanya sekitar satu kilometer dari Pluit . Hanya pengembangannya lebih mentereng dan baru daripada Pluit dan Muara Karang . Karena itu harganya lebihtinggi. Perumahan ini memang membidik segmen menengah atas dengan harga mulai 1 milyar hingga puluhan milyar rupiah .

DI PIK juga sedang dikembangkan PIK City yang rencananya ada banyak tower sebanyak ribuan unit. Sementara Grup Agung Sedayu di BGM PIK memasarkan Golf Island yang ditargetkan akan selesai tahun 2016.

Harga tanah kavling di Pantai Indah Kapuk sudah cukup mahal. Harga tanah di Grisenda PIK antara 12 juta – 15 juta/m2. Komplek Grisenda PIK merupakan satu-satunya di PIK yang mempunyai dua sekolah internasional dalam komplek perumahannya. Sedangkan di kawasan BGM PIK terdapat masterpiece dari perumahan Pantai Indah Kapuk yaitu Garden House, Crown Golf dan Goldcoast PIK dengan harga mencapai lebih dari 20 juta an per meternya.

Di sekitar bandara sudah beroperasi tiga mal: Pluit Village, Emporium dan Pluit Junction. Sebentar lagi akan ada PIK Mall dan Greenbay Pluit.

Tiga mal untuk kawasan yang dihuni banyak orang berduit mungkin masih kurang. Karena itu PT Jakarta Propertindo pun membangun Pluit Junction (PJ) di Jl Pluit Raya seluas 50.000 m2 di atas lahan 1,3 ha. Dibanding ketiga mal itu PJ paling mudah dijangkau dari bandara melalui pintu tol Jembatan Tiga. Makanya PJ juga akan berfungsi sebagai sarana transit kereta bandara.

Untuk itu calon penumpang dari dan ke bandara akan diantar.“Jadi, tidak perlu berdesakan di bandara, cukup di Pluit Junction sambil ngopi” kata Riko Perlambang, Director Business & Development PT Jakarta Propertindo. PJ juga menawarkan 100 unit tempat usaha berukuran 40 – 2.450 m2 dengan sewa Rp200 ribu per m2 per tahun. PJ yang akan beroperasi Juli 2007 diisi beragam fasilitas entertainment seperti resto, kafe, salon, fitness center, dan bioskop. Samsul Nasution, Hadi Prasojo

PIK, Hunian Mewah Di Lokasi Bebas Tsunami

Kalau ada daerah pinggir pantai yang aman dari ancaman terjangan tsunami, Teluk Jakarta lah salah satu lokasi itu. Sebab, menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, Teluk Jakarta berada di jalur yang relatif aman. Secara umum memang lembaga ini mengungkapkan bahwa Jakarta dan sekitarnya termasuk daerah yang risiko kegempaannya tidak menonjol dibandingkan dengan daerah selatan Pulau Jawa.

Kekuatiran terhadap bencana gempa bumi dan gelombang tsunami belakangan ini kerap muncul di dalam benak hampir seluruh penduduk di Indonesia. Betapa tidak, bencana yang sangat menakutkan tersebut telah berulang kali melululantahkan beberapa tempat di Indonesia. Ribuan nyawa dapat hilang dengan sekejap akibat terseret ombak yang tingginya bisa mencapai 10 meter lebih. Belum lagi total kerugian harta yang tak terbilang nilainya.Namun, bagi mereka yang bertempat tinggal di sepanjang Teluk Jakarta khususnya Pantai Indah Kapuk, bencana tsunami bukan lagi menjadi ancaman yang membuat bulu kuduk jadi merinding itu. Beberapa fakta mengatakan bahwa Pantai Indah Kapuk merupakan wilayah pantai yang bebas dari tsunami. Ini diperkuat dengan berbagai pernyataan dari BMG yang dikeluarkan berdasarkan riset dan penelitian.Berdasarkan pengamatan terhadap letak Pantai Indah Kapuk, terlihat bahwa dari sisi selatan, lokasi ini terlindungi oleh pegunungan di Sukabumi-Bandung-Puncak. Dari sisi barat, Pantai Indah Kapuk dipayungi oleh wilayah Banten, Cilegon, Tangerang. Sedangkan dari sisi utara, Pantai Indah Kapuk masih aman dengan adanya Pulau Kalimantan dan gugusan Kepulauan Seribu.Atas dasar inilah, PT Agung Sedayu Group yang memiliki beberapa proyek besar di Jabotabek merasa yakin untuk mengembangkan proyek berikutnya di Pantai Indah Kapuk. Bersinergi dengan dua developer besar lainnya, Salim Group dan Agung Podomoro Group, mereka mengembangkan mega proyek Bukit Golf Mediterania. Hunian ini merupakan bagian dalam rencana pengembangan Pantai Indah Kapuk yang akan terintegrasi dengan bermacam fasilitas terlengkap.

Diatas lahan seluas 200 hektar, PT Agung Sedayu Group bakal membuat kawasan Pantai Indah Kapuk menjelma menjadi hunian idaman. Setiap penghuni di Bukit Golf Mediterania akan merasa hidup bagai raja. ”Mega proyek Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk (BGM PIK) merupakan salah satu proyek fenomenal dari Agung Sedayu Group,” jelas Eveline Setiawan, GM Marketing Bukit Golf Mediterania.

Ungkapan Eveline tentang Bukit Golf Mediterania tentunya sangat beralasan. Di dalam kawasan Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk tersedia berbagai fasilitas dengan standar internasional. Mulai dari fasilitas olahraga seperti golf, gokart, club house, jogging track, bicycle track, pemancingan, recreation forest dan waterboom.

Selain itu, juga dibangun fasilitas bisnis dan komersial yang modern. Fasilitas itu antara lain business district, shopping arcade, shopping mall, boutique hotel (six star), PIK Fresh Market dan cordoba food street. Pokoknya, untuk urusan bisnis dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, di Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk terbilang lengkap.

Sebuah kawasan yang lengkap tentu belum sempurna jika fasilitas pendidikan yang tersedia tidaklah memadai. Namun, di Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, fasilitas pendidikan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Di kawasan ini sudah bercokol deretan sekolah dan perguruan tinggi populer. Sebut aja BPK Penabur, Saint Nicholas, Bina Bangsa School, Singapore International School dan Tzu Chi International School yang berdiri megah diatas lahan seluas 10 hektar.

Begitu juga fasilitas layanan kesehatan. Kebutuhan akan fasilitas kesehatan memang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Apapun akan dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan kesehatan. Itulah mengapa pengembang Pantai Indah Kapuk sangat memperhatikan fasilitas kesehatan ini.

Di Pantai Indah Kapuk saat ini tak kurang dari tiga rumah sakit dengan standar internasional. Sejak tahun 1998, di kawasan sudah berdiri sebuah rumah sakit berkelas, Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk. Rumah sakit berlantai 10 ini memiliki kapasitas sebanyak 240 tempat tidur.

Lalu, juga ada Rumah Sakit International Specialist Center yang saat ini mulai digarap pembangunannya. Kemudian, IndoCare (Indonesia Centre for Autism Resource and Expertise) yang merupakan sebuah lembaga terpadu untuk memberikan layanan profesional bagi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme usia 2,5 hingga 12 tahun.

Melihat dari begitu lengkapnya fasilitas dan layanan yang ada di Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, rasa-rasanya tidaklah berlebihan jika tinggal dilokasi ini bagaikan tinggal dalam kawasan istana.Pantai Indah Kapuk terdiri dari dua sektor yaitu utara dan selatan. Di sektor utara ada BGM, Layar, Mediterania dan Katamaran, sedangkan di sektor selatan PIK  terdapat cluster Manyar, Grisenda , Camar, Walet dan Cluster Elang Laut.Penghuninya seolah-olah diperlakukan sebagai seorang raja dengan segala layanan dan privasi yang memuaskan.

Harga tanah di Pantai Indah Kapuk ( PIK )- update per Maret 2012 :

1. Bukit Golf Mediterania PIK , harga tanah 12 – 16 juta/m

2. Mediterania Resor PIK, harga tanah 12 – 15 juta/m

3. Grisenda PIK , harga tanah 12 -15 juta/m

4. Elang laut PIK, harga tanah 9-11 juta/m

5. Katamaran,Trimaran, Layar PIK, harga tanah 8 – 11 juta/m

6. Lotus Palace PIK, harga tanah 16-20 juta/m

7. Mayang PIK, harga tanah 10-12 juta/m

8. Goldcoast PIK, harga tanah 18-20 juta/m

9. Camar, Manyar – PIK, harga tanah 10 – 14 juta/m

10. Garden House PIK, harga tanah 20 – 25 juta/m

11. Mediterania Boulevard, Venice,Rome PIK, harga tanah 10 – 12 juta/m

12. Phinisi PIK, harga tanah 11 -13 juta/m

13. Ebony Golf -PIK, harga tanah 14- 16 juta/m

14. Crown Golf – PIK , harga tanah 19 – 22 juta/m

About these ads

Tagged: , , , , ,

Komentar ditutup.

What’s this?

You are currently reading Rencana Pengembangan Pantai Indah Kapuk at Indonesia Housing And Property News.

meta